AKTIVITAS KIM (ADINDA)

Keberadaan KIM merupakan kebutuhan masyarakat itu sendiri, diharapkan masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi, berdiskusi sehingga memecahkan berbagai masalah yang dihadapi secara bersama-sama.

Agar mudah diingat, berbagai aktivitas yang dijalankan oleh KIM disebut "ADINDA", merupakan singkatan dari :
A = Akses Informasi
D = Diskusi
I  = Implementasi
N = Networking/Jaringan
D = Diseminasi
A = Advokasi




Penjelasan ADINDA, adalah :

A = AKSES INFORMASI 
Akses di sini bermakna aktivitas mencari informasi dari berbagai sumber, baik secara langsung ke pihak-pihak yang terkait maupun melalui media massa hingga internet. Tujuan mengakses informasi adalah untuk memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhan anggota kelompok maupun masyarakat yang ada disekitarnya. Dengan kemampuannya mengakses informasi, KIM bisa berperan serta sebagai penyebar informasi bagi anggotanya maupun bagi masyarakat sekitar.

D = DISKUSI
kegiatan curah pendapat bersama anggota KIM untuk membahas informasi mana yang dipandang bermanfaat dan dapat memberi nilai tambah bagi anggota kelompok maupun masyarakat pada umumnya. Informasi-informasi ini kemudian digunakan lebih lanjut dalam penerapan pada berbagai kegiatan kelompok maupun aktivitas masing-masing anggota.

I = IMPLEMENTASI 
Kegiatan menerapkan atau mendayagunakan pengetahuan atau informasi yang bermanfaat ke dalam aktivitas sehari-hari, baik secara perorangan maupun berkelompok. Contohnya informasi tentang prosedur pengajuan Kredit Usaha Rakyat atau KUR dari BRI.

N = Networking 
Merupakan kegiatan membangun network atau jejaring, baik sesama KIM maupun dengan pihak-pihak terkait lainnya. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi KIM di tengah masyarakat.

D = DISEMINASI INFORMASI
Kegiatan Diseminasi atau penyebarluasan informasi yang sudah diolah dan diyakini bermanfaat bagi masyarakat.

A = ADVOKASI 
Kegiatan mendampingi masyarakat agar memiliki kemampuan menyampaikan aspirasinya serta menyerap aspirasi warga desa atau kelurahan untuk diteruskan sehingga menjadi perhatian Pemerintah
RA - KIM Jagapati-Volunteer
RA - KIM Jagapati-Volunteer Jaga Diri Jaga Keluarga Jaga Negara - Silih Asah Asih Asuh

1 comment for "AKTIVITAS KIM (ADINDA)"

SANGGARBisnisOnline.Com

DOMAIN & HOSTING

Hosting Unlimited Indonesia